38 Desa di Bolsel Tahun ini Akan Laksanakan Pilsang Serentak

Globalsulut.com, BOLSEL– Sebanyak 38 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan melaksanakan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di tahun 2022 ini.

Namun Pilsang di tahun 2022 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang diketahui, ada ketambahan peryaratan yang harus dipenuhi oleh para calon.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Darwis Hasan saat diwawancarai Globalsulut.com diruang kerjanya Kawasan Perkantoran Panango.

Darwis mengatakan, ada ketambahan peryaratan bagi Incumbent, Aparat Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang akan mencalonkan diri sebegai Sangadi.

“Untuk Incumbent harus ada Laporan Penyelenggara Pemerintahan Desa (LPPD) selama 1 Periode dan laporan keuangan per 3 tahun terakhir, untuk Aparat Desa dan BPD harus menyertakan laporan kinerja,” ujarnya. Kamis, (06/01/2021).

Dikatakannya lebih lanjut, pihaknya masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) terkait dengan tahapan Pilsang

“Kalau sudah ada Perbup maka kami akan memberikan edaran kepada Desa-desa yang akan melaksanakan Pilsang untuk segera membentuk panitia seleksi di tingkat Desa,” lanjutnya.

Darwis juga menjelaskan, mekanisme pembentukan panitia di tingkatan Desa dan Kabupaten.

“Mekanismenya masih sama dengan tahun kemarin, BPD membuat musyawarah pembentukan panitia seleksi nantinya kami juga akan membentuk panitia Kabupaten,” katanya.

ia pun memberikan pesan kepada masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai Sangadi.

“Bagi yang ingin bertarung mulai dari sekarang persiapkan diri terlebih kepada Incumbent,” tutupnya.

(Red)

Komentar Facebook
Bagikan berita ini

Check Also

Serahkan Pagu ADD dan DDS Iskandar Kamaru : Dinas PMD, Camat, dan Sangadi Harus Saling Berkolaborasi

Globalsulut.com, BOLSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyerahkan pagu Alokasi Dana Desa (ADD) …