Kabar Gembira, Tahun Ini Sulut Terima 295 Kuota P3TGAI Lewat Program Aspirasi H2M

Globalsulut.com Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Sepublik Indonesia (DPR-RI) Hi. Herson Mayulu, S.IP memberikan membuka secara resmi sosialisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi Tersier (P3TGAI) se-Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar oleh Balai Sungai Wilayah 1 Sulut secara virtual meeting. Selasa, (22/02/2022).

Dalam sambutannya, orang yang dikenal dengan sapaan H2M ini menyampaikan, bahwa P3TGAI adalah program aspirasi yang bermanfaat bagi masyarakat Sulut.

Ia juga mengatakan, Program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2020 dan manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat petani di pelosok Negeri terlebih di Sulut.

“Melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebagai mitra kerja dari Komisi V DPR-RI, program P3TGAI sudah masuk 3 tahun berjalan dan di tahun 2022 ini Kementrian PUPR telah mengalokasikan anggaran sebesar 57, 337 Miliar yang terdistribusi di 295 lokasi di Sulut,” ungkap H2M.

Mantan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) ini juga menjelaskan, jika pagu indikatif Kementrian PUPR awalnya sebesar 170 Triliun namun karena adanya pengurangan anggaran (refokusing) akibat Pandemi Covid-19 anggarannya menjadi 100 Triliun.

“Hal ini yang menyebabkan banyak program yang dihentikan sementara, termasuk beberapa program padat karya lainnya,” jelasnya.

Dikatakannya lebih lanjut, ketika program tersebut sudah berjalan dirinya akan kembali mengingatkan kepada para Kepala Desa dan Kelompok penerima P3TGAI agar tetap berkoordinasi ketika di lapangan. Hal ini dikatakannya dikarenakan adanya laporan perselisihan antara Kepala Desa dan Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) terkait dengan program dimaksud.

“Perlu kita ketahui bahwa, P3TGAI adalah program aspirasi berupa saluran irigasi kecil dengan panjang kurang lebih 270 meter yang dimana pelaksanaannya melalui Kelompok P3A, pengelolaannya pun padat karya dan tidak boleh dipindah tangankan ke pihak ke 3, artinya harus kelompok yanh mengerjakannya. Sehingganya saya berharap kelompok penerima bisa memanfaatkan masyarakat sekitar sebagai pekerja berdasarkan konsep padat karya, kalau konsep ini yang diterapkan maka tentu hal ini dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

Ia pun meminta agar Kepala Daerah untuk lebih proaktif dalam memperhatikan pemeliharaan infrastruktur P3TGAI supaya pemanfaatannya bisa bertahan lama.

“Saya harap kepada Bupati dan Walikota agar lebih proaktif lagi memperhatikan pemeliharaan P3TGAI ini, ajak semua masyarakat untuk menjaganya supaya pemanfaatannya bisa bertahan lama karena setelah selesai pembangunan irigasi ini selesai akan diserahkan kr Pemerintah Desa setempat untuk dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Sungai Wilayah 1 Sulut Ir. I Komang Sudana, MT yang didampingi Satker dan beberapa pejabat kantor BWS mengucapkan, terima kasih kepada H2M dan berharap kepada Pemerintah Daerah dapat memahami proses pelaksanaan di lapangan.

“Melalui kesempatan ini kami terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Hi. Herson Mayulu, S.IP selaku Wakil Rakyat Sulawesi Utara yang duduk di Komisi V DPR RI, berkatperjuangan beliau Sulut banyak kucuran anggaran pembangunan diantaranya program P3TGAI ini. Dan kamipun berharap dengan adanya penjelasan dari bapak H2M tadi seluruh Kepala Daerah, Camat, dan Kepala Desa dapat memahami proses pelaksanaan di lapagan nanti,” tutupnya.

Diketahui, para Kepala Daerah selaku penerima Program P3TGAI, tampak terlihat diantaranya dihadiri juga secara online oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt , Camat se BMR dan Kepala Desa/Lurah penerima P3TGAI se-Sulut .

(A70)

Komentar Facebook
Bagikan berita ini